Sabtu, 07 Desember 2013

Ancaman Bagi Orang yang Tidak Konsekuen


Riyadhush Shalihin; Imam Nawawi; hadits-hadits tentang Ancaman bagi yang tidak konsekuen

Allah berfirman: “Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaikan, sedang kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca al-Kitab (Taurat)? Maka tidakkah kamu berfikir?” (al-Baqarah: 44)

Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (ash-Shaff: 2-3)

Allah berfirman: “…dan aku tidak berkehendak mengerjakan apa yang aku larang kamu daripadanya.” (Huud: 88)

Dari Abu Zaid Usamah bin Zaid bin Haritsah ra. ia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Setelah hari kiamat, ada seseorang yang didatangkan dan dilemparkan ke dalam neraka, kemudian dikeluarkan ususnya, lalu berputar-putar di dalamnya bagaikan berputarnya keledai yang sedang menggiling. Melihat yang demikian, berkerumunlah ahli neraka seraya berkata: “Hai fulan, mengapa kamu seperti itu? Bukankah kamu yang menyuruh untuk berbuat baik dan melarang dari perbuatan munkar?” ia menjawab: “Benar, akulah yang menganjurkan kebaikan, tetapi aku tidak mengerjakannya dan aku melarang dari perbuatan munkar tetapi aku melakukannya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar