Kamis, 24 Oktober 2013

Istiqamah (Teguh Pendirian)

Riyadhush Shalihin; Imam Nawawi; hadits-hadits tentang Istiqamah

Allah berfirman: “Dan tetaplah sebagaimana diperintahkan kepadamu.” (asy-Syuura: 15)

Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan Kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, Maka Malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (Fushilat: 30)

Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan Kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap istiqamah, Maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka Itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai Balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (al-Ahqaf: 13-14)

Dari Abu Amr, ada yang mengatakan Abi Amrah Sufyan bin Abdullah ra. ia berkata: Saya berkata kepada Rasulullah saw. “Wahai Rasulallah, ajarkanlah kepada saya suatu ucapan yang mengandung ajaran Islam dan saya tidak akan bisa menanyakan kepada orang lain selain engkau.” Beliau menjawab: “Katakanlah: saya beriman kepada Allah, kemudian teguhkanlah kamu dalam pendirian itu.” (HR Muslim)

Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Biasakanlah kalian dalam mendekatkan diri kepada Allah dan berpegang teguhlah kepada keyakinan kalian. Ketahuilah, tidak ada seorangpun di antara kalian yang selamat karena amal perbuatannya.” Para shahabat bertanya: “Tidak juga engkau wahai Rasulullah?” beliau menjawab: “Tidak juga aku, kecuali jika Allah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya.” (HR Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar