Sabtu, 26 Oktober 2013

Larangan Bertengkar, Mencari Barang yang Hilang, dan Berjual Beli di Dalam Masjid


Riyadhush Shalihin; Imam Nawawi; Hadits

Dari Abu Hurairah ra. bahwasannya ia mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa mendengar orang mencari barang yang hilang di dalam masjid, maka hendaklah ia mengatakan: ‘Semoga Allah tidak mengembalikannya kepadamu.’ Karena sesungguhnya masjid-masjid itu tidak dibangun untuk itu.” (HR Muslim)

Dari Abu Hurairah ra. bahwasannya Rasulullah saw. bersabda: “Apabila kaliian melihat orang yang berjual beli di dalam masjid, maka hendaklah kalian mengatakan: ‘Semoga Allah tidak memberikan laba daganganmu itu.’ Dan apabila kalian melihat ada yang mencari barangnya yang hilang maka hendaklah kalian berkata: ‘Semoga Allah tidak mengembalikannya kepadamu.’ (HR Turmudzi)

Dari Buraidah ra. bahwasannya ada seseorang yang mencari barangnya yang hilang di dalam masjid, dimana ia berkata: “Siapakah yang dapat menemukan untaku yang merah?” Kemudian Rasulullah saw. bersabda: “Semoga untamu tidak ketemu. Sesungguhnya masjid-masjid dibangun untuk beribadah.” (HR Muslim)

Dari Amir bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya ra. bahwasannya Rasulullah saw. melarang jual beli di dalam masjid, melarang mencari barang yang hilang di dalam masjid, dan melarang mendatangkan syair di dalam masjid.” (HR Abu Dawud dan Turmudzi)

Dari as-Saib bin Yazid ash-Shahabiy ra. ia berkata: “Pada waktu saya berada di dalam masjid kemudian ada seseorang melempar saya, maka sayapun memperhatikan orang itu. Tiba-tiba Umar bin Khaththab ada di situ dan berkata: “Panggillah kedua orang itu.” Maka saya pun datang dengan membawa dua orang itu, Umar lantas bertanya: “Dari manakah kamu berdua?” Kedua orang itu menjawab: “Dari Thaif.” Umar berkata: “Seandainya kalian termasuk penduduk negeri ini, niscaya saya menyakiti kamu berdua, karena kamu telah berani mengeraskan suara di dalam masjid Rasulullah saw.” (HR Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar