Kamis, 17 Oktober 2013

Larangan Mengganggu, Membenci, Memutuskan Tali Persaudaraan dan Dengki

Firman Allah: “Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang Mukmin dan Mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka itu telah memikul kebohongan dan dosa yang besar.” (al-Ahzab: 58)
Dari Abdullah bin Amr bin Ash ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Orang Islam adalah kaum mukminin yang terhindar dari gangguan lidah dan tangannya; sedangkan orang yang hijrah adalah orang yang meninggalkan segala apa yang dilarang Allah.” (HR Bukhari dan Muslim)
Dari Abdullah bin Amr bin Ash ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa yang ingin dijauhkan dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga, hendaklah apa yang menjadi angan-angannya itu benar-benar diusahakan, dimana ia harus beriman kepada Allah dan hari akhir, serta berbuat senang kepada orang lain, sebagaimana ia sendiri senang apabila diperbuat seperti itu.” (HR Muslim)
Firman Allah: “Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara.” (al-Hujurat: 10)
Firman Allah: “Yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang Mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir.” (al-Maidah: 54)
Firman Allah: “Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka.” (al-Fath: 29)
Dari Anas ra. bahwasannya Nabi saw. bersabda: “Janganlah kalian saling membenci, saling hasud, saling membelakangi dan saling memutuskan tali persaudaraan, tetapi jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara. Seorang Muslim tidak diperbolehkan mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari.” (HR Bukhari dan Muslim)
Dari Abu Hurairah ra. bahwasannya Rasulullah saw. bersabda: “Pintu-pintu surga dibuka tiap hari Senin dan Kamis, kemudian pada hari itu diampuni dosa setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, kecuali orang yang berselisih dengan saudaranya, dimana dikatakan: “Tunggulah dua orang ini sampai damai.” (HR Muslim)
Dalam riwayat yang lain dikatakan: “Amal-amal perbuatan itu dihadapkan setiap hari Senin dan Kamis…” (dan seterusnya seperti tersebut di atas)
Firman Allah: “Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepada manusia itu?” (an-Nisaa’: 54)
Dari Abu Hurairah ra. bahwasannya Nabi saw. bersabda: “Jauhilah oleh kalian sifat dengki, karena sesungguhnya sifat dengki itu dapat menghabiskan amal-amal kebaikan, sebagaimana api itu menghabiskan kayu bakar.” Atau beliau bersabda: “Dapat menghabiskan rumput.” (HR Abu Dawud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar