Kamis, 17 Oktober 2013

Larangan Membiarkan Api di Rumah Ketika Tidur

Dari Ibnu Umar ra. dari Nabi saw. beliau bersabda: “Janganlah kalian membiarkan api di rumah kalian ketika kalian tidur.” (HR Bukhari dan Muslim)
Dari Abu Musa al-Asy’ariy ra. ia berkata: Ada sebuah rumah di Madinah yang terbakar di suatu malam karena penghuninya sendiri. Ketika kejadian itu diceritakan kepada Rasulullah saw. maka beliau bersabda: “Sesungguhnya api itu merupakan musuh bagi kalian, oleh sebab itu apabila kalian tidur maka padamkanlah api itu.” (HR Bukhari dan Muslim)
Dari Jabir ra. dari Rasulullah saw. beliau bersabda: “Tutuplah bejana, ikatlah tempat air, tutuplah pintu-pintu dan padamkan lampu, sesungguhny setan itu tidak akan bisa melepaskan ikatan, tidak bisa membuka pintu dan tidak bisa membuka bejana. Seandainya salah seorang di antara kalian tidak bisa mendapatkan sesuatu untuk menutupnya kecuali hanya meletakkan lidi di atas bejana itu, maka lakukanlah yang demikian itu dengan menyebut nama Allah, karena sesungguhnya tikus itu tidak bisa menyebabkan terbakarnya rumah.” (HR Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar