Minggu, 20 Oktober 2013

Wajib Mendidik Keluarga Agar Taat Kepada Allah

Riyadhush Shalihin; Imam Nawawi; hadits-hadits

Allah berfirman: “Dan perintahkanlah keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.” (ThaaHaa: 132)

Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (at-Tahrim: 6)

Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Al-Hasan putera Ali ra. mengambil sebutir kurma sedekah dan ia menyuapnya, kemudian Rasulullah saw bersabda: “Ikh, ikh, buanglah kurma itu. Tidaklah kau ketahui bahwa keluarga kami (keluarga Bani Hasyim) tidak boleh makan sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim)
Dalam riwayat lain dikatakan: Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya sedekah itu tidak halal bagi keluarga kami.”

Dari Abu Hafs Umar bin Abu Salamah Abdullah bin Abdul Asad, anak tiri Rasulullah saw. ia berkata: “Ketika saya masih kecil, saya berada dalam asuhan Rasulullah saw. dan saya sering berganti-ganti tangan untuk mengambil makanan di piring, kemudian Rasulullah saw. bersabda kepada saya: “Hai anak, sebutlah nama Allah Ta’ala dan makanlah dengan tangan kananmu (dan makanlah dari makanan yang terdekat).” Seperti itulah cara makan saya setelah itu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya dari kakeknya ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Perintahlah anak-anakmu mengerjakan shalat ketika berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka karena meninggalkan shala bila berumur sepuluh tahun, dan pisahlah tempat tidur mereka (laki-laki dan perempuan).” (HR Abu Daud)

Dari Abu Tsurayyah Sabrah bin Ma’bad al-Juhanniy ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Ajarilah anakmu mengerjakan shalat apabila berumur tujuh tahun dan pukullah mereka karena meninggalkan shalat apabila berumur sepuluh tahun.” (HR Abu Daud dan Tirmidzi)
Dalam riwayat lain dikatakan: Rasulullah saw. bersabda: “Perintahkanlah anakmu mengerjakan shalat apabila mencapai umur tujuh tahun.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar