Jumat, 15 November 2013

Tata Cara Berdzikir Kepada Allah


Riyadhush Shalihin; Imam Nawawi; al-Qur’an – Hadits

Firman Allah: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, [yaitu] orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring.” (Ali Imraan: 190-191)

Dari ‘Aisyah ra. ia berkata: “Rasulullah saw. selalu berdzikir kepada Allah pada setiap saat.” (HR Muslim)

Dari Ibnu Abbas ra. dari Nabi saw. beliau bersabda: “Seandainya salah seorang di antara kalian sewaktu bersetubuh dengan istrinya membaca: bismillaaH, allaaHumma jannibnasy syaithaana wa jannibisy syaithaana maa razaqtanaa (dengan nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari setan, dan jauhkanlah setan dari rizky yang Kau karuniakan kepada kami) kemudian dari persetubuhan itu ditakdirkan lahir anaknya, maka anak itu tidak mudah terganggu oleh setan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Doa akan tidur dan bangun tidur:
Dari Abu Hudzaifah dan Abu Darr ra. ia berkata: “Apabila Rasulullah saw. hendak tidur, beliau membaca: bismikallaaHumma ahyaa wa amuut (dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati) dan apabila bangun beliau membaca: alhamdu lillaaHil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaiHin nusyuur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah Ia mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami kembali) (HR Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar