Minggu, 01 Desember 2013

Anjuran Berusaha


Riyadhush Shalihin; Imam Nawawi; al-Qur’an – Hadits

Firman Allah: “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di bumi, dan carilah karunia Allah.” (al-Jumu’ah: 10)

Dari Abu Abdullah az-Zubair bin al-‘Awwan ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Sungguh seandainya salah seorang di antar kalian mengambil beberapa utas tali, kemudian pergi ke gunung dan kembali dengan memikul seikat kayu bakar dan menjualnya, kemudia dari hasil itu Allah mencukupkan kebutuhan hidupmu, itu lebih baik daripada meminta-minta kepada sesama manusia, baik mereka memberi maupun tidak.” (HR Bukhari)

Dari Abu Hurairah ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Sungguh, seandainya salah seorang di antara kalian mencari kayu bakar dan memikul ikatan kayu itu, maka itu lebih baik, daripada meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya ataupun tidak.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw. beliau bersabda: “Nabi Daud as. tidak pernah makan kecuali hasil usahanya sendiri.” (HR Bukhari)

Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Nabi Zakari as. adalah seorang tukang kayu.” (HR Muslim)

Dari al-Miqdam bin Ma’dikariba ra. dari Nabi saw. beliau bersabda: “Seseorang yang makan hasil usahanya sendiri, itu lebih baik. Sesungguhnya Nabi Daud as. makan dari hasil usahanya sendiri.” (HR Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar