Senin, 28 Oktober 2013

Kejelekan Orang Bermuka Dua


Riyadhush Shalihin; Imam Nawawi; al-Qur’an – Hadits

Firman Allah: “Mereka bersembunyi dari manusia, tetapi mereka tidak bersembunyi dari Allah, padalah Allah beserta mereka, ketika pada suatu malam mereka menetapkan keputusan rahasia yang tidak diridlai Allah. Dan Allah Maha Meliputi (ilmu-Nya) terhadap apa yang mereka kerjakan.” (an-Nisaa’: 108)

Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Kalian akan temukan manusia yang punya garis keturunan yang baik, pilihan di zaman jahiliyyah dan juga pilihan di masa Islam apabila mereka mengetahui hukum-hukum syara’. Kalian akan menjumpai orang pilihan dalam masalah ini (pemerintahan), paling keras ketidaksukaannya kepada masalah tersebut. Dan kalian akan menjumpai sejahat-jahat manusia yang bermuka dua, ia datang ke sana dengan satu muka dan datang kemari dengan satu muka yang lain.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Muhammad bin Zaid bahwasannya orang-orang berkata kepada kakeknya Abdullah bin Umar ra.: “Kami menghadap kepada para penguasa kami, lalu kami mengatakan perkataan kepada mereka yang berlainan dengan apa yang kami perbincangkan pada waktu kami berada di luar.” Abdullah bin Umar berkata: “Kami dulu menganggap yang demikian itu sebagai kemunafikan yakni pada zaman Rasulullah saw. “ (HR Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar