Kamis, 17 Oktober 2013

Larangan Banyak Bicara, Berkata Kotor dan Berbuat Keji

Dari Ibnu Mas’ud ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Bukanlah orang Mukmin itu orang yang suka mencela, mengutuk, berbuat keji dan berkata kotor.” (HR Turmudzi)
Dari Anas ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Semua perbuatan keji itu pasti menjelekkan dirinya sendiri, dan semua perbuatan yang diperhitungkan itu pasti akan menghiasi diri sendiri.” (HR Turmudzi)
Dari Ibnu Mas’ud ra. bahwasannya Nabi saw. bersabda: “Binasalah orang-orang yang suka berlebih-lebihan.” Beliau mengulangi sabdanya tiga kali.” (HR Muslim)
Dari Abdullah bin Amr bin Ash ra. bahwasannya Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah membenci orang yang berlagak fasih dalam berbicara, yaitu orang yang memainkan lidahnya sebagaimana lembu yang memainkan lidahnya.” (HR Abu Dawud dan Turmudzi)
Dari Jabir bin Abdullah ra. bahwasannya Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya orang-orang yang paling aku cintai dan orang yang paling dekat tempat duduknya dengan aku pada hari kiamat nanti, adalah orang-orang yang sangat baik budi pekertinya. Dan orang-orang yang sangat aku benci dan orang yang tempat duduknya sangat jauh denganku pada hari kiamat nanti, adalah orang-orang yang suka berbicara (banyak bicara), orang-orang yang berlagak fasih dan orang-orang yang bermulut besar.” (HR Turmudzi)
Dari ‘Aisyah ra. dari Nabi saw. beliau bersabda: “Jangan sekali-sekali salah seorang di antara kalian mengucapkan: Nafsuku busuk, tetapi hendaklah ia mengucapkan: nafsuku tercela.” (HR Bukhari dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar