Selasa, 12 November 2013

Sunnah Berjabat Tangan


Riyadhush shalihin; Imam nawawi; al-Qur’an-Hadits

Dari Abul Khaththab (Qatadah) ia berkata: “Saya bertanya kepada Anas: “Apakah para shahabat saw. itu biasa berjabat tangan?” ia menjawab: “Ya.” (HR Bukhari)

Dari Anas ra. ia berkata: Ketika orang-orang dari negeri Yaman datang, maka Rasulullah saw. bersabda: “Kini telah datang penduduk kota Yaman dan mereka itulah orang yang pertama kali datang dengan berjabat tangan.” (HR Abu Dawud)

Dari Al-Barra’ ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda:”Dua orang Islam yang bertemu kemudian mereka berjabat tangan maka dosa kedua orang itu diampuni sebelum keduanya berpisah.” (HR Abu Dawud)

Dari Anas ra. ia berkata: ada seorang bertanya kepada Rasulullah: “Wahai Rasulallah, apabila seorang di antara kami bertemu dengan saudara atau kawannya apakah ia harus membungkukkan diri?” Beliau menjawab: “Tidak.” Ia bertanya: “Apakah ia harus mendekap dan menciumnya?” Beliau menjawab: “Tidak.” Ia bertanya lagi: “Apakah ia harus memegang tangannya dan menjwabatnya?” Beliau menjawab: “Ya.” (HR Turmudzi)

Dari Saffan bin ‘Assal ra, ia menceritakan bahwa ada seorang Yahudi berkata kepada kawannya: “Marilah kita pergi menemui Nabi.” Maka keduanya datang kepada Rasulullah saw. dan menanyakan tentang sembilan ayat. Setelah dijawab oleh Nabi saw. kemudian mereka mencium tangan dan kaki Rasulullah saw. seraya berkata: “Kami bersaksi sesungguhnya engkau adalah seorang Nabi.” (HR Turmudzi)

Dari Ibnu Umar ra. ia menceritakan sebuah kisah yang di dalamnya terdapat kalimat: “Kemudian kami mendekat Nabi saw. dan mencium tangan beliau.” (HR Abu Dawud)

Dari ‘Aisyah ra. ia berkata: “Zaid dan Haritsah datang ke Madinah dan Rasulullah saw. sedang berada dirumahku, kemudian ia datang dan mengetuk pintu, lantas Nabi saw. bangkit dan menarik kainnya, serta memeluk dan menciumnya.” (HR Turmudzi)

Dari Abu Dzar ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda kepada saya: “Janganlah kamu sekali-sekali meremehkan kebaikan, walaupun hanya dengan bermuka manis apabila kamu berjumpa dengan saudaramu.” (HR Muslim)

Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: “Nabi saw. mencium al-Hasan bin Ali ra. kemudian al-Aqra bin Habis berkata: “Sesungguhnya saya mempunyai sepuluh anak, tetapi saya tidak pernah mencium seorangpun dari mereka.” Maka Nabi saw. bersabda: “Barangsiapa tidak mengasihi maka tidak akan dikasihi.” (HR Bukhari dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar