Senin, 02 Desember 2013

Ancaman Bagi yang Melanggar Larangan Allah dan Rasul-Nya


Riyadhush Shalihin; Imam Nawawi; al-Qur’an – Hadits

Firman Allah: “Hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah-Nya takut akan ditimpa adzab yang pedih.” (an-Nuur: 63)

Firman Allah: “Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa)-Nya.” (Ali Imraan: 28)

Firman Allah: “Sesunggunya adzab Tuhanmu benar-benar keras.” (al-Buruuj: 12)

Firman Allah: “Dan begitulah adzab Tuhanmu, apabila Dia mengadzab penduduk negeri-negeri yang berbuat dzalim. Sesungguhnya adzab-Nya itu adalah sangat pedih dan keras.” (Huud: 102)

Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw. beliau bersabda: “Sungguh, Allah Ta’ala mempunyai rasa cemburu. Cemburu jika seseorang mengerjakan apa yang diharamkan-Nya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Yang harus dikerjakan ketika melanggar larangan Allah:
Firman Allah: “Dan jika kamu tertimpa suatu godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah.” (al-A’raaf: 200)

Firman Allah: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari setan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.” (al-A’raaf: 201)

Firman Allah: “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri[*], mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan Itulah Sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.” (Ali Imraan: 135-136)

[*] Yang dimaksud perbuatan keji (faahisyah) ialah dosa besar yang mana mudharatnya tidak hanya menimpa diri sendiri tetapi juga orang lain, seperti zina, riba. Menganiaya diri sendiri ialah melakukan dosa yang mana mudharatnya hanya menimpa diri sendiri baik yang besar atau kecil.

Firman Allah: “Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (an-Nuur: 31)

Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw. beliau bersabda: “Barangsiapa bersumpah dengan mengatakan: Demi Latta dan Uzza; maka hendaklah ia segera mengucapkan: Laa ilaaHa illallaaH (tiada Tuhan selain Allah). Barangsiapa berkata kepada temannya: Marilah kita berjudi; maka hendaklah ia segera bersedekah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar